IBADAH QURBAN di Majelis Aly Wafa Tajul Arifin

qurban 2015 idul adha

ALYWAFA TAJUL ARIFIN - Qurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat (قربان). Kurban juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

Berqurban merupakan bagian dari Syariat Islam yang sudah ada semenjak manusia ada. Ketika putra-putra nabi Adam AS diperintahkan berqurban. Maka Allah SWT menerima qurban yang baik dan diiringi ketakwaan dan menolak qurban yang buruk. Allah SWT berfirman:

“Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putra Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan qurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!” Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertaqwa” (QS Al-Maaidah 27).

Qurban lain yang diceritakan dalam Al-Qur’an adalah qurban keluarga Ibrahim AS, saat Beliau diperintahkan Allah SWT untuk mengurbankan anaknya, Ismail AS. Disebutkan dalam surat As-Shaaffaat 102: “Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Kemudian qurban ditetapkan oleh Rasulullah SAW sebagai bagian dari Syariah Islam, syiar dan ibadah kepada Allah SWT sebagai rasa syukur atas nikmat kehidupan.

Karena Qurban ini adalah bagian ibadah utama di setiap Hari Raya Idul Adha, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk melaksanakannya dengan syariat yang benar.


Penyembelihan hewan Qurban yang dilaksanakan oleh Majelis Aly Wafa Tajul Arifin, Insya Allah pasti sesuai dengan syariat, sesuai dengan ilmu hakikat, dan sesuai ilmu makrifat. Sehingga dapat dipastikan, ibadah yang dikerjakan akan diterima oleh Allah SWT.

Keunikan dari pemotongan hewan Qurban di Majelis Aly Wafa Tajul Arifin diantaranya:
  1. Ijab kabul serah terima hewan Qurban sebelum disembelih.
  2. Disembelih dengan didahului rabithatul Mursyid dan sekalian Silsilah.
  3. Dihantarkan nyawa hewan Qurban dengan doa, takbir dan ilmu yang tersambung dan pasti akan diterima oleh Allah SWT.
  4. Daging Qurban didistribusikan untuk para mustahiq dengan diirngi zikir dan doa, sehingga akan menambah nilai keberkatan dari ibadah yang dilakukan.


Untuk itu, segera daftarkan diri anda dan keluarga untuk QURBAN tahun ini di Majelis Aly Wafa Tajul Arifin dengan mengisi FORM DI BAWAH INI :


foxyform