BAZIS ALYWAFA


Ketentuan-ketentuan Zakat Fitrah

1. Besarnya zakat Fitrah adalah 1 sha’ yaitu 2176 gram atau 2,2 Kg beras atau makanan pokok. Dalam prakteknya jumlah ini digenapkan menjadi 2,5 Kg, karena untuk kehati-hatian. hal ini dianggap baik oleh para ulama.

2. Diperbolehkan mengeluarkan zakat Fitrah dengan uang seharga ukuran itu, jika lebih bermanfaat bagi mustahiq

3. Waktu mengeluarkan zakat Fitrah adalah sejak awal bulan puasa Ramadhan hingga sebelum shalat ‘Idul Fitri maka dianggap sedekah sunah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

فَمَنْ أدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُوْلَةٌ وَمَنْ أدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ

Artinya : “Barang siapa mengeluarkan  (zakat Fitrah) sebelum shalat (‘Idul Fitri), maka zakatnya sah. Barang siapa yang mengeluarkannya setelah shalat maka dianggap sedekah sunah.

TIGA KRITERIA MUSTAHIQ
(YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT - INFAQ DAN SHODAQOH) 
MENURUT AL QUR’AN  

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu ketenteraman jiwa bagi mereka & Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui

Pada ayat ini Allah SWT memerintahkan Rasulullah SAWW untuk mengambil "HARTA" umat Islam  secara benar untuk membersihkan harta mereka dari hal-hal yang subhat dan haram serta untuk mensucikan jiwa. Kemudian do'akan lah mereka agar mereka yang hartanya diambil bisa merasakan ketenangan hidup di dunia dan di akhirat.

Jadi menurut Al Qur’an, 

penerima Zakat,Infaq,Shodaqoh IDEALnya HARUSLAH :

1. Orang yang dapat membersihkan harta pribadinya dan harta umat dengan ILMUnya
2. Orang yang dapat mensucikan "JIWA" nya dan JIWA ummat yang menyerahkan harta kepadanya.
3. Orang yang memiliki ilmu agar do'a nya sampai dan lebih pasti dikabulkan oleh Allah, sehingga yg dido'akan selalu mendapatkan ketenangan hidup dunia & akhirat.

BAZIS AlyWafa wadah yang tepat & benar untuk menyerahkan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Fidiyah anda dan keluarga serta kerabat. Bisa diantar langsung atau ditransfer melalui :

Rekening atas nama 
Yayasan Babussalam Aly Ridho Indonesia

 
BRI - 013901001839304

 
BNI - 0303036499


 
Mandiri - 1670000617084